Indonesia Akan Kembangkan Varian MPA N219

Perusahaan dirgantara milik negara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah didekati oleh Angkatan Laut Indonesia untuk mengembangkan versi militer dari pesawat N219 Nurtanio, ungkap perusahaan di Singapore Airshow 2020.

Dilansir dari laman Janes (13/ 2/ 2020), Pesawat yang dikembangkan sendiri, yang berasal dari Airbus Military C212 Aviocar, melakukan penerbangan perdananya pada Agustus 2017 dari Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Indonesia.

“Angkatan Bersenjata Indonesia telah mendekati kami untuk mengembangkan varian spesifikasi militer dari pesawat, termasuk untuk operasi patroli maritim,” kata Igan Satyawati, wakil presiden pengembangan bisnis dan pemasaran di PTDI.

“Untuk memenuhi persyaratan mereka, kami akan mempelajari bagaimana pesawat dapat diperkuat dan diseimbangkan secara struktural, sehingga dapat dipasangi dengan sensor dan peralatan lain yang terkait dengan operasi seperti patroli maritim,” tambahnya.

“Namun, ini adalah rencana masa depan, dan pada titik waktu ini, tim kami fokus pada memperoleh sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk pesawat,” ia menekankan. Sertifikasi ini diharapkan selesai pada 2020.

N219 memiliki panjang keseluruhan 16,7 m, tinggi 6,2 m, dan lebar sayap 19,5 m. Pesawat memiliki berat lepas landas maksimum 7.030 kg (15.498 lb) dan dapat mengirimkan muatan maksimum 2.313 kg.

Photo: Pesawat N219 Nurtanio (Akang Aviation)

Edior: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s