Damen Selesaikan Instalasi dan Uji Coba Sistem Tempur PKR SIGMA 10514 kedua

Damen Shipyards Group dan mitranya, PT PAL, baru-baru ini menyelesaikan pemasangan dan pengujian sistem tempur dari Perusak Kawal Rudal (PKR) SIGMA 10514 kedua Kementerian Pertahanan Indonesia, KRI Gusti Ngurah Rai (332).

Dilansir dari laman Damen (18/ 03/ 2020), Fregat PKR dibangun melalui proses modular yang beroperasi secara simultan di Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) di Belanda dan galangan kapal PT PAL di Indonesia. Dengan cara ini, Damen mampu membangun kapal berkualitas tinggi di mana saja di dunia. Metode ini juga memungkinkan Damen untuk memenuhi komitmennya kepada Kementerian Pertahanan Indonesia untuk memberikan program pengetahuan dan transfer teknologi (ToT) yang luas.

Bagian penting dari program transfer ini adalah pemasangan sistem tempur bersama dengan pemberian pelatihan kepada awak dalam penggunaan dan pemeliharaannya.

Hein van Ameijden, direktur pelaksana DSNS, mengatakan, “Sejak awal proyek ini, DSNS dan mitra kami Thales Netherlands telah berkomitmen penuh untuk pengembangan industri pertahanan Indonesia dan sektor pendukungnya. Komitmen ini ditunjukkan dengan serangkaian ToT dan program konten lokal mulai tahun 2013 ketika pelaksanaan proyek dimulai.”

“Misalnya, DSNS telah melatih dan mendidik lebih dari 328 personel, termasuk tukang las, perencana, dan insinyur, selama proyek. Thales Belanda telah berkontribusi dengan mensubkontrakkan industri lokal untuk pengembangan perangkat lunak, pada akhirnya memberikan dukungan bagi Indonesia untuk mengembangkan sistem manajemen tempur asli. “

KRI Gusti Ngurah Rai (332) second indonesian guided missile frigate (DSNS) 3

Sistem tempur yang dipasang dan diuji meliputi:

VL MICA untuk pertahanan dari ancaman udara
– Exocet untuk pertahanan dari target ofensif pada jarak yang lebih jauh
– Torpedo sistem untuk perlindungan terhadap ancaman kapal selam
– Meriam cepat -35mm untuk menanggapi ancaman dari udara dan laut
– Sistem deteksi elektronik untuk mengalihkan serangan musuh dengan pengalihan elektromagnetik
– Modifikasi sistem operasi yang dioperasikan komputer untuk mengoperasikan di atas

Fase terakhir sebelum penyerahan berhasil diselesaikan pada tanggal 21 Februari dengan uji coba pelayaran – tes penerimaan laut (Sea Acceptance Test/ SAT). Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa instalasi di seluruh rantai sistem senjata memenuhi efisiensi dan akurasi yang diinginkan.

“Semua upaya kami sebelumnya membuahkan hasil. Sudah di awal pengujian, jelas bahwa pemasangan telah dilakukan dengan sangat presisi selama konstruksi dan bahwa kegiatan penyelarasan persiapan dan perjanjian telah diikuti dengan cermat. Kapal PKR kedua mencapai hasil yang mirip dengan yang pertama. Ini menunjukkan bahwa konsep lengkap yang diterapkan dalam SIGMA PKR Class dapat dianggap andal dan kuat, ”pungkas Van Ameijden.

All Photos: KRI Gusti Ngurah Rai (332) second indonesian guided missile frigate (all photos : DSNS)

Editor: (D.E.S)

Satu komentar pada “Damen Selesaikan Instalasi dan Uji Coba Sistem Tempur PKR SIGMA 10514 kedua”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s