Kapal Induk AS Terpapar Corona, Ribuan Pelaut Dievakuasi

Angkatan Laut Amerika Serikat mengevakuasi ribuan pelaut dari kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt yang terpapar virus corona. (AFP)
Angkatan Laut Amerika Serikat mengevakuasi ribuan pelaut dari kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt yang terpapar virus corona. (AFP)

Angkatan Laut Amerika Serikat mengevakuasi ribuan pelaut dari kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt yang terpapar virus corona.

Dilansir dari laman CNN (2/ 4/ 2020), Kapal perang itu kini bersandar di Pulau Guam, wilayah AS di Pasifik.

Sebanyak 93 dari 4.800 awak kapal dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Evakuasi dilakukan pada Rabu (1/4) untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Kapten USS Theodore Roosevelt Brett Crozier melaporkan kepada atasannya bahwa virus corona telah menyebar tidak terkendali di dalam kapal. Dia meminta bantuan untuk segera melakukan karantina dan menyelamatkan para kru.

Brett meminta sebagian besar personel segera dipindahkan dari kapal induk. Dia menyerukan para kru yang telah diamankan tersebut diisolasi selama dua pekan.

“Penyebaran penyakit ini sedang berlangsung dan semakin cepat. Kami tidak berperang. Para pelaut tidak boleh mati,” kata Brett sebagaimana dilansir dari AFP.

Komandan Wilayah Marianas Laksamana John Menoni menyebut pihaknya akan terus mengevakuasi kru kapal sebanyak mungkin.

Rencananya para kru yang telah dievakuasi akan ditempatkan di hotel di pulau Pasifik. Sementara, beberapa pelaut yang tidak terinfeksi akan ditempatkan untuk menjaga operasional kapal.

“Rencananya saat ini adalah memindahkan sebanyak mungkin orang dari Teddy Roosevelt. Namun kami harus meninggalkan sejumlah orang di kapal untuk melakukan tugas pengawasan normal yang menjaga kapal tetap berjalan,” kata John di Guam.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly mengatakan sejauh ini hampir seribu awak telah diamankan, dan ia optimistis jumlah tersebut akan terus meningkat menjadi 2.700 dalam beberapa hari.

Kendati demikian, Modly menjelaskan mereka perlu menempatkan sekitar 1.000 awak yang tidak terinfeksi untuk tetap berada di atas kapal.

“Kami tidak bisa dan tidak akan mengangkut semua pelaut dari kapal. Kapal ini memiliki senjata, amunisi, memiliki pesawat terbang mahal, dan memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir,” kata Modly.

Modly mengaku penyebaran virus di kapal merupakan tantangan bagi kesiapan pertahanan pasukan AS. Dia menekankan bahwa Roosevelt adalah satu-satunya kapal Angkatan Laut AS dari 94 kapal yang dikerahkan di laut yang memiliki kasus Covid-19 aktif.

Editor: (D.E.S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s